Beranda > My Family > Saran Melahirkan Dengan Normal

Saran Melahirkan Dengan Normal

mamatutikSeorang ibu yang melahirkan dengan proses persalinan alami atau normal adalah suatu anugerah tak terkira. Ibu yang melakukan persalinan diluar dari pada itu tentu juga merupakan jalan tempuh memperjuangkan kelahiran dengan baik. Ada metode melahirkan dengan operasi sesar / sessario / cessar / cessario / caesar atau apalah orang menyebutkannya, adapula dengan terapi melahirkan di air, menggunakan hipnotis untuk mengalihkan rasa sakit, vacuum dan mungkin masih ada lagi.

Sahabat mamatutik, disini sesuai dengan pengalaman pribadi yang menjalani proses persalinan melalui proses operasi caessario sedikit saya ingin berbagi pengalaman pribadi terkait dengan efek yang terjadi pasca melahirkan tersebut.

Mohon untuk pengertiannya bahwa tulisan ini murni dibuat untuk berbagi pengalaman semata, tidak untuk anda jadikan rekomendasi dan jangan melakukan justifikasi jika anda belum mengalaminya sendiri.

Pertama:
Pada tahun 2004 harus melahirkan dengan operasi ceassario di semarang dikarenakan sudah tidak berdaya padahal sudah sampai bukaan 5 secara proses. Satu hal yang menyebalkan dan menyakitkan adalah ketika menggunakan obat pacu yang membuat mules perut saja tapi tidak begitu berarti. Disini disarankan untuk menunda persalinan berikutnya setelah 5 tahun apabila ingin normal. Disamping itu terus terang aku trauma waktu pertama kali masuk ruang operasi dimana suamiku harus menunggu diluar. Kembali ke topik, setelah setahun ternyata efek goresan operasi yang melintang sekitar 7-10cm itu masih terasa, aku pun rutin kontrol kondisi ini ke dokter. Beruntung memiliki suami yang sangat pengertian untuk hal-hal yang tidak bisa saya sebutkan.

Kedua:
Gerak badan menjadi kurang elastis seperti sebelumnya, tahun ke 4 dimana anak mulai sangat aktif sayapun ikut aktif namun rasa sengkring-sengkring itu cukup mengganggu. Apalagi jika ada ajakan jogging atau bercanda bersama anak-anak.

Keempat:
Meskipun saya berusaha untuk berperilaku biasanya namun ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan tetangga atau saudara yang melahirkan dengan normal. Mungkin juga karena semakin berumur 😀 yaitu lebih lekas lelah. Padahal semakin banyak urusan yang di handle oleh papa putut tersayang. Hingga di 7 tahun berselang kemudian kami dikarunia anak kedua, cukup jauh memang dan Alhamdulillah dikaruniai perempuan seperti yang kuidamkan. Dihamil kedua karena jarak cukup jauh efek operasi caesar sebelumnya tidak begitu terasa namun pasca operasi kedua ini (karena ketuban pecah dan baby masih 8 bulan kandungan) ternyata karena lebarnya bertambah mengakibatkan jika duduk di toilet lama sering terasa nyeri.

Kelima:
Dengan ijin Alloh kami dikaruniai janin kembali di rahimku ini, sekarang sudah masuk usia 7 bulan. Jaraknya memang cukup cepat yaitu sekitar 1 tahun 6 bulan diberi kehamilan atau nanti jika planning kelahiran adalah juli akhir maka sekitar 2 tahun 4 bulan. Terasa jika murni ibu rumah tangga yang dirumah tanpa pembantu atau saudara, kelelahan cepat sekali datang. Padahal sudah diyakinkan dengan semangat namun pinggang, punggung dan bagian belakang terasa cepat pegal.

Keenam:
Perut jadi lebih lebar dan tidak nyaman dipinggang, sekali lagi olahraga saya rutin namun mungkin karena istirahat setelah cesar cukup lama menyebabkan pemulihan fisik terutama diperut tidak seimbang.

Aira sudah bisa main sendiri jadi tidak banyak merepotkan, efek lain adalah di bulan ke 6 dan 7 ini, kandungan yang mulai aktif sering bergerak tepat di bawah bekas jahitan. Alhasil sering meringis menahan sakit atau nyeri, cek ke dokter sih tidak apa-apa dan disarankan nanti untuk sterill menghindari hal yang tidak diinginkan jika terjadi kehamilan berikutnya. Aku membenci cara ini, sterill berarti membuang anugerah Alloh di dalam rahim kita namun dilemanya resiko jangka panjangnya ada :(.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: